Tips Memilih Jurusan Kuliah yang harus kamu ketahui Tips Memilih Jurusan Kuliah yang harus kamu ketahui | Zona Informasi

Tips Memilih Jurusan Kuliah yang harus kamu ketahui

Tips Memilih Jurusan Kuliah yang harus kamu ketahui, Bagaimana caranya agar kita tidak memilih jurusan yang salah? ya anda harus memilih jurusan yang tepat, agar tidak salah. hmm so simpel bukah.. just kidding gaes.




Cara Memilih Jurusan Kuliah yang Tepat


Berikut tips memilih jurusan kuliah, okeey sebelum lanjut ke topik utama, Sudahkah anda melihat video youtube review dari master corbuzier mengenai 8 Alasan kuliah tidak penting dan 8 Alasan kenapa harus kuliah? berikut saya lampirkan videonya, jangan lupa liat juga yang "8 Alasan kenapa harus kuliah" ya?


Setelah melihat video tersebut anda akan mendapatkan gambaran mengenai tujuan anda. oke cukup sampai disini saja, kita lanjut ke topik awal mengenai Tips Memilih Jurusan Kuliah yang harus kamu ketahui.
mungkin anda bertanya- tanya.....

Bagaimana Cara untuk menentukan jurusan kuliah? atau

Cara memilih jurusan kuliah sesuai potensi dan bahkan 

Memilih jurusan kuliah berdasarkan kepribadian, atau  

Kuliah jurusan apa yang menjamin masa depan


Untuk mencapai hal tersebut ada beberapa hal yang harus anda ketahui yakni:

1. Kuliah berbeda dengan sekolah jadi harus berhati- hati


Ketika kamu berada di lingkungan perkuliahan nanti akan merasakan betapa berbedanya dengan masa- masa sewaktu kuliah di bangku SD, SMP, dan bahkan SMA.

Yang jelas terlihat adalah cara kita berpakaian ini yang sangat mencolok, kita bisa bebas mengekspresikan diri kita dengan mengenakan pakaian yang kita inginkan, walaupun ada syarat dan ketentuan masih- masing universitas.

Selain dengan pakaian adalah metode pembelajaran, yang mana kita tidak akan dijelaskan dengan bertele- tele seperti dimasa sekolah dulu. Seorang dosen hanya akan memberikan pengantar materi yang nantinya kita sendiri yang harus mencari dan memahami materi tersebut. Memang tidak semua dosen demikian, tetapi kebanyakan dosen demikian. Seorang mahasiswa dituntut untuk aktif jika anda ingin bisa. kalau hanya duduk diam dan memperhatikan saja kita akan tertinggal.

Semakin banyak tugas yang harus kita kerjakan, sehingga waktu bermain semakin berkurang, dan ini mengasah kemampuan kita untuk berkomunikasi, berdiskusi dan bekerjasama dengan teman sekelas nantinya.

Bayangkan saja jika kita harus menyelesaikan permasalahan yang tidak kuasai dan bahkan tidak kita sukai, bagaimana kita bisa menyelesaikannya? apakah ada guru privat? TIDAK. jadi inilah yang membedakan antara perkuliahan dengan sekolah. anda harus jeli dan berhati- hati dalam mengambil jurusan agar tidak merasa bahwa anda ternyata mengambil jurusan yang salah.
Tapi tenang saja semua ada solusinya. apa itu solusinya? nanti pada waktunya anda akan menyadarinya. wkwkw

2. Kamu yang mengetahui potensimu bukan orang lain


Seperti yang telah saya tuliskan diatas bahwa di perkuliahan itu kita yang aktif, dan apabila kita dapat memanfaatkan keaktifan di perkuliahan searah dengan potensi kita saya rasa hasilnya akan lebih baik.

Lantas apa potensimu? apa itu potensi? mengapa harus mengetahui potensi?

Si mbah wiki mengatakan bahwa Potensi diri merupakan kemampuan, kekuatan, baik yang belum terwujud maupun yang telah terwujud, yang dimiliki seseorang, tetapi belum sepenuhnya terlihat atau dipergunakan secara maksimal oleh seseorang.
Cara mengetahui potensimu saya rasa sudah banyak referensi yang tersedia, hal yang paling simpel adalah:

  • Ketika orang- orang di sekitarmu mengatakan bahwa kamu ahli di bidang itu, dan mengerjkannya dengan baik walaupun kamu tidak menyadarinya. 
  • Ketika kamu menghabiskan waktu siang dan malah hanya untuk melakukan hal tersebut sehingga lupa waktu makan dan tidur.
  • Ketika kamu meluangkan banyak waktu untuk mempelajari hal tersebut diwaktu luang mu.

Saya yakin dan tahu benar bahwa anda tidak yakin 100% dalam hal ini tapi setidaknya ada 40% orang yang mengatakan bawha anda ahli dan 50% bahwa anda meluangkan waktu untuk itu, apakah ini masih kurang?. yah memang masih kurang 10% yang mana ini untuk diri anda sendiri, yakinlah bahwa anda bisa. oke memang ada banyak orang yang lebih ahli, tapi anda berpotensi.
Jadi jangan ragu lagi, lets move.

3. Seberapa pentingkah memilih Jurusan kuliah dengan tepat?


Ketika anda melakukan hal yang anda tidak sukai bagaimana rasanya? pasti anda tidak akan maksimal dalam hal itu, jangankan maksimal, mengerjaknnya saja sudah pedih dan bermalas- malasan. ini sudah pasti. nah beginilah rasany ketika anda mengambil jurusan yang tidak tepat. Oleh karena itu pilihlah jurusan yang tepat untuk dirimu.

Pasti banyak halangan untuk mencapai titik ini, yah mungkin orang tua yang tidak sepakat, atau jurusan yang anda ambil tidak prospek dan lain sebagainya, ini mungkin faktor yang sulit untuk dipecahkan tetapi bukan berarti tidak bisa dipecahkan bukan?.

Oke mulai dari faktor orang tua kenapa mereka tidak setuju? saya yakin semua orang tua ingin anaknya menjadi sukses dan menjalani hidup yang lebih mudah daripada orang tuanya, maka dari itu mereka merasa pilihan anda kurang tepat, tapi intinya ingin anda lebih sukses dari beliau. jadi sampaikan saja bahwa ini adalah jaman dimana semua hal bisa terjadi, jaman digital, dan tidak ada batasan. ambil beberapa contoh pakar yang telah ahli dan sukses di bidang yang mungkin anda geluti dan sampaikan kepada orang tua ada, seperti ini loh. dan bahkan seorang penjual gorengan pun sekarang bisa GO Online. jadi kenapa tidak?. nah dua permasalahaan diatas langsung teratasi bukan? memang begitulah hidup.

4. Apakah lokasi perkuliahan mempengeruhi?


Saya rasa demikian, lokasi mempengaruhi kuliah anda. pernah dengan pepatah mengatakan carilah ilmu hingga di negeri cina? kenapa harus cina? kenapa jauh- jauh? kenapa tidak jepang atau brazil? haha sudah tidak usah diperpanjang lagi ya, jadi intinya kenapa harus jauh? Kalau logika saya dan yang saya alami sendiri, ketika anda berada di lingkungan asing anda akan merasa asing, dan anda akan belajar banyak hal, mulai dari sosialisasi dengan lingkungan baru, bahasa dan tutur kata yang berbeda, terlebih lagi anda akan merasakan hidup lebih hidup.

Ketika anda mencari lokasi yang dekat dengan rumah anda, pasti akan banyak batas- batas yang diberikan orang tua anda? ingin ini jangan dulu, ingin itu tidak boleh dan lain sebagainya. jadi kemandirian anda masih dibatasi, nah apabila anda berada jauh dari rumah anda akan bebas melakukan berbagaihal tanpa harus menghawatirkan kedua orang tua mu, akan tetapi anda juga harus jeli dalam mengambil segala keputusan. Disini hidup anda, anda sendiri yang menentukan.

kalau masalah lokasi spesifiknya di kota apa didesa itu bukanlah masalah selagi anda bisa mengontrol diri. di malang atau di solo, ini bukanlah hal yang besar, kalau anda belum pernah tinggal toh sama saja akan menjadi hal yang baru, tapi bedany mungkin anda akan mempelajari hal yang berbeda udah itu aja, haha dan mungkin tempat wisata juga but itsn't big deal. yang penting anda kudu merantau wkwk, biar kayak saya :) setahun sekali pulangnya wkwk malah curhat :P

5. Sudahkah saya memilih jurusan kuliah dengan tepat?


Sudah tepatkah jurusan anda? sesuai dengan apa yang anda inginkan? 
Sebenarnya hal- hal diataspun tidak akan banyak membantu anda, dan mungkin hanyalah nonse tapi inilah adanya, walaupun anda sudah memilah- milah ada kalanya anda salah memilih, tidak semuanya sesuai yang di inginkan. kalaupun ketika sudah sesuai yang diharapkan realitanya akan berbeda, akan lebih banyak lagi tantangan yang ada didepan anda.

Jadi tepat atau tidaknya jurusan yang anda ambil anda harus menyelesaikan apa yang sudah anda pilih, apa yang sudah anda perbuat. Anda harus menyelesaikan yang sudah anda mulai.

Semua ada solusinya, dan solusi tidak selalu berasal dari dalam.

6. Bagaimana dengan biaya kuliah?


Masalah biaya memang sangat krusial, okefik saya nggak usah kuliah aja biayanya mahal. mending buat modal kerja aja deh. iya ini pemikiran bagus, tapi anda butuh pengalaman dan teman untuk bisa sukses, dan ini semua bisa anda dapatkan dengan kuliah.

Banyak sekali perguruan tinggi yang menyediakan Beasiswa, pun kalau anda tidak bisa mendapatkan beasiswa saat pendaftaran anda bisa mendapatkan beasiswa ketika proses perkuliahan karena banyak instansi yang memberikan beasiswa untuk mahasiswa yang kreatif dan memiliki nilai bagus.

Jadi masalah biaya saya kira anda bisa mengatasi, kalaupun tidak saya bisa berbuat apa? memang biaya kuliah mahal, karena kita butuh, maka kita beli.

Jadi masalah biaya saya no coment, yang jelas banyak juga yang kuliah sambil kerja, kalau anda mau.

Oke calon sarjana muda, mungkin segelintir artikel mengenai Tips Memilih Jurusan Kuliah yang harus kamu ketahui ini dapat membantu dan menjadi referensi anda. 
terimakasi sudah berkungjung, kalau ada yang ingin disampaikan bisa tulis di kolom komentar yaah... 

Selamat berjung.