Biaya Hidup Mahasiswa di Jakarta (Ibu Kota) Biaya Hidup Mahasiswa di Jakarta (Ibu Kota) | Zona Informasi

Biaya Hidup Mahasiswa di Jakarta (Ibu Kota)

Biaya Hidup Mahasiswa di Jakarta (Ibu Kota), Sebagai ibu kota negara Indonesia, Jakarta merupakan salah satu Kota dengan biaya hidup yang relatif tinggi, yah bisa dibilang merupakan kota dengan biaya hidup yang mahal.


Sebagai mahasiswa ataupun anak rantau biaya hidup adalah prioritas utama, karena kalau tidak bisa memperkirakan biaya yang dikeluarkan kita akan kesusahan dalam menjalani kehidupan sehari- hari. Hidup ini sudah susah pak, jangan lagi tambah beban hidup ini.

Walaupun Upah Minimum Provinsi (UMP) di Jakarta tinggi, kisaran : 3.350.000, biaya hidup yang diperlukan juga ikut meningkat. Jadi jangan salah sangka bahwa hidup di Jakarta itu enak, dan ataupun tidak enak. Semua ada plus dan minusnya, tergantung kita mau lihat dari segi yang mananya. 

Kebutuhan seorang perantau sangat berbeda dengan  kebutuhan seseorang yang punya rumah dan keluarga di Jakarta, karena seorang perantau harus memenuhi  Biaya Kebutuhan Tempat Tinggal, Biaya Kebutuhan Transportasi, Biaya Kebutuhan Konsumsi, Biaya Kebutuhan Pokok dan Biaya Kebutuhan Lain- lain,

Berapa Biaya Hidup Mahasiswa di Jakarta?

Disini saya akan membantu memberikan informasi untuk anda mengenai biaya hidup di jakarta yang biasanya harus dikeluarkan setiap bulan, terutamanya sebagai seorang mahasiswa/perantau.

1. Biaya Kebutuhan Konsumsi di Jakarta

Untuk kebutuhan konsumsi sebenarnya bisa anda minimalkan dengan memasak sendiri, akan tetapi hal ini terlalu ribet dan apalagi kalau masih bujangan/sendiri pasti mencari yang lebih praktis, yaps.. anda benar WARTEG lah jawabannya, atau yang paling simpel nasi goreng. Dan kalaupun sempet buat masak sendiri mungkin masak mie instant wkwkwk..

Biaya makan disini juga bervariasi Pilihannya bisa dari harga 10ribu - 50ribuan sekali makan.
Kalau ingin menu makanan lengkap dengan minum anda harus menyeiapkan budget minimal 20ribu.

Untuk biaya perbulannya berarti kita angarkan makan 2x jadi:
20rb x 30 x 2 = Rp. 1.200.000

2. Biaya Kebutuhan Tempat Tinggal di Jakarta

Anda yang tinggal di Jakarta pasti paham betul berapa standar harga kos-kosan disini. 
Harga memang bervariasi sesuai dengan lokasi dan fasilitas yang didapat, Sedangkan standar Biya tempat tinggal di Jakarta, seperti rumah kos yang paling murah itu kira-kirasekitar 800ribuan/bulan. Dengan fasilitas yang ala kadarnya/menengah kebawah.(toilet luar, pake kipas angin, akses jalan sempit dll)

Untuk tempat tinggl yang bagus, biaya sewa kos bisa mencapai harga 3juta - 7juta per-bulan

Oke kita ambil margin seharga 1juta an aja.

TIPS, Untuk menghemat biaya tempat tinggal anda bisa mengajak teman untuk sewa rumah, dengan begitu harga sewanya bisa kita bagi dua dan uang yang harus kita keluarkan jadi sedikit lebih murah.

3. Biaya Kebutuhan Transportasi di Jakarta

Biaya transportasi disesuaikan dengan posisi anda, apakah anda memiliki kendaraan pribadi atau tidak.
berikut rinciannya:
Bus Trans Jakarta: Sekali naik 3.500 Pulang pergi berarti 7.000 x 30 = 210.000
Ojek Online : sekali naik anggap saja 10.000 Pulang pergi = 20.000 x 30 = 600.000
Kendaraan Pribadi : Anggap saja Bensin + parkir sehari 10.000 x 30 = 300.000 estimasi buat service Rp.100.000 = 300.000 + 100.000 = 400.000

Estimasi ini diambil secara random, dan perlu diperhitungkan biaya- biaya lainnya. anggap saja apa anda hanya pergi di satu tempat saja dalam sehari? apakah satu transportasi sudah cukup?

oke kita ambil margin untuk transportasi kisaran Rp. 500.000

4. Biaya Kebutuhan Lain- lain

Kebutuhan lain- lain ini yang bisa memakan banyak biaya, karena tidak tahu apa saja yang akan dikeluarkan.
yang jelas yang pasti semua orang butuhkan:
Perlengkapan kamar mandi Sabun, sampo dll : 130.000
Perlengkapan Gadget, pulsa dll : 120.000
Lain- lain yang tak terduga : 500.000 (yang biasa aja) kalau mau yang wah berarti harus menyiapkan setidaknya 1jt-an

untuk biaya kebutuhan lain- lain mencapai : Rp, 750.000


Total Biaya Hidup Mahasiswa di Jakarta (Ibu Kota) selama satu bulan

Jadi total biaya yang dibutuhkan untuk hidup mahasiswa/perantau di jakarta selama satu bulan penuh adalah kisaran: Rp. 3.450.000

Saya rasa dengan nominal ini anda dapat menikmati suasana jakarta dan dapat bertahan hidup selama satu bulan. akan tetapi jika anda orang yang tidak suka hidup sederhana anda harus menyediakan budget yang lebih, setidaknya 5 juta-an.


Itulah perkiraan Biaya Hidup Mahasiswa/perantau di Jakarta (Ibu Kota), yang setiap bulan harus dikeluarkan. sudah saya cantumkan diatas, bahwasanya kebutuhan ini sewaktu- waktu juga bisa berubah sesuai kebutuhan anda, akan tetapi jika anda ingin melanjutkan perkuliahan atapun ingin mencoba peruntungan/kerja di Jakarta anda harus bisa sebaik mungkin memanajemen keuangan anda.

Semoga informasi diatas dapat bermanfaat. terimakasi sudah berkunjung :)