Mengapa Pabrik Mercon di Tanggerang bisa Meledak Mengapa Pabrik Mercon di Tanggerang bisa Meledak | Zona Informasi

Mengapa Pabrik Mercon di Tanggerang bisa Meledak

Mengapa Pabrik Mercon di Tanggerang bisa Meledak, Pabrik kembang api yang berada di tanggerang banten ini mengalami kecelakaan sehingga mengakibatkan meledaknya pabrik sehingga menewaskan sedikitnya 47 orang pekerja dan 46 orang lainnya mengalami luka-luka akibat peristiwa itu. Berdasarkan informasi polisi, pabrik tersebut memiliki 103 karyawan. dan kejadian ini mengakibatkan hampir 80% dari pabrik petasan ini hancur.

Gambar: PT Panca Buana Cahaya Sukses Pasca Meledak by:bbsnews.co.id

Pabrik Petasan di Tanggerang Meledak

PT. Panca Buana Cahaya Sukses, merupakan pabrik pembuat petasan yang sudah memproduksi petasan lebih dari 15 tahun, untuk lokasi yang sekarang ini terjadi kebakaran (Jalan Salembaran Jaya, Desa Cengklong, Kecamatan Kosambi, Kabupaten Tangerang) sehingga meledak merupakan Gudang penyimpanan, yang karena banyaknya permintaan sehingga dijadikan tempat produksi pada akhir tahun 2015 dan diperpanjang lagi pada 2017 [Kompas.com]. Dan baru kemarin (26 Oktober 2017), masyarakan umum mengetahui bahwa yang diproduksi oleh pabrik ini adalah petasan, yang telah mengalami kecelakaan hingga mengakibatkan pabrik ini meledak. Bayangkan saja di pabrik petasan apabila ada kesalahan kecil saja pasti akan memicu permasalahan yang lebih besar, sehingga terjadilah ledakan yang luar biasa hebatnya. sebelum terjadi ledakan ini masyarakat sekitarpun banyak yang tidak tahu bahwa didekat rumahnya tersebut merupakan tempat untuk memproduksi petasan.


Lantas, apa yang menyebabkan pabrik mercon di tanggerang ini meledak?

Menurut beberapa sumber yang saya dapatkan (Televisi) bahwa ternyata ada pekerja yang masih dibawah umur, yakni lulusan SD, SMP, dan SMA yang mana tugas mereka tak lain adalah memasukan bubuk mercon kedalam kertas petasan.

yah dari sini kita bisa mengasumsikan bagaimana pabrik mercon milik PT. Panca Buana Cahaya Sukses ini bekerja, bahwa:
1. Memperkerjakan anak di bawah umur
2. Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3)
3. Kurangnya pemahaman pekerja terhadap bahaya kerjaannya
4. Produksi yang dilakukan dekat dengan pemukiman masyarakat

hal ini sudah cukup untuk memberikan anggapan bahwa PT. Panca Buana Cahaya Sukses, ini tidak memiliki surat izin yang layak sebagaimana mestinya, karena sangat tidak mungkin pemerintah akan menginjinkan produksi Petasan (yang benar- benar sudah dilarang), dekat dengan pemukiman masyarakat. karena bahaya yang ditimbulkan sangat tinggi.

Detik-detik Meledak dan Terbakarnya Pabrik Mercon di Tangerang

Gambar: Detik- detik meledaknya Pabrik Mercon Tanggerang by:Youtube. GTV

Suara ledakan itu langsung disusul kepulan asap hitam yang membumbung tinggi. Suara ledakan dan asap hitam itu berasal dari pabrik mercon milik PT Panca Buana Cahaya Sukses yang dilalap si jago merah. Ledakan ini awalnya hanya terdengar suara petasan, baru disusul dengan kepulaan asap hitam yang menyebabkan oksigen menumpuk barulah terjadi puncak ledakannya dengan terbakarnya kepulan asap tersebut disambung dengan suara yang menggelegar. proses kebakaran ini terjadi mulai sekitar pukul 09.00 WIB hingga pukul 10.00 WIB. [Kompas.com]

Ketika Pabrik meledak para pekerjapun tidak bisa keluar dari pabrik tersebut, karena kondisi pabrik terkunci dan baru dibuka ketika jam istirahat, sehingga pekerja kesulitan untuk mencari akses keluar dari pabrik, dan mencari jalan keluar lain yakni pintu belakang. [Detik.com]

Hikmah yang dapat diambil paska meledaknya pabrik petasan

  1. Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) itu sangatlah penting, dan jangan sampai coba- coba untuk mengingkarinya
  2. Memperkerjakan anak dibawah umur dapat menyebabkan kesalahan fatal (walaupun belum tentu dia penyebabnya akan tetapi sifat labil yang dimiliki bisa menjadikanya tak  was- was)
  3. Lihatlah kondisi sekitar sebelum mengambil keputusan, jangan hanya memikirkan diri sendiri
  4. Sebagai seorang pekerja, harus pintar- pintar memilih dan menilai bagaimana dan apa yang akan kita kerjakan
  5. Hal yang sepele (satu mercon) dapat menyebabkan permasalahan yang luar biasa (menyebabkan ledakan) jika tidak di garap dengan sebaik mungkin.
  6.  Pemerintah mungkin bisa dipikirkan kembali kok diberi ijin untuk produksi ya?
  7. silahkan tambahkan jika berkenan .........


Semua informasi diatas tidak sepenuhnya data fakta, terkecuali yang sudah saya lampirkan sumbernya, sebagian besar asumsi saya selaku mahasiswa teknik kimia yang mempelajari bagaimana pentingnya Safety induction. semoga informasi terkait Meledaknya Pabrik Mercon di Tanggerang, ini bisa bermanfaat.

Terimkasih sudah berkunjung