Materi Termodimanika Dasar Teknik Kimia Materi Termodimanika Dasar Teknik Kimia | Zona Informasi

Materi Termodimanika Dasar Teknik Kimia

Materi Termodimanika Dasar Teknik Kimia, atau mungkin bisa kita bilang sebagai matakuliah Pengantar Termodinamika. disini anda akan mempelajari tentang bagaimana menentukan dan menghitung kebutuhan energi, potensil energi, daya, usaha, panas dan lain sebagainya. yang selanjutnya dalam aplikasi akan digunakan untuk acuan/ panduan dalam penentuan kebutuhan energi untuk menjalankan suatu proses.


Seperti yang kita ketahui bahwa hukum kekekalan energi adalah:
"Energi tidak dapat diciptakan dan tidak dapat dimusnahkan, akan tetapi energi dapat berubah bentuk dari bentuk satu ke bentuk yang lainnya."

Inilah yang kita pelajari di SMA, akan tetapi hal ini sangatlah dasar, hanya mengetahui ini saja anda akan kebingungan untuk mengerjakan permasalahan termodinamika, oleh karena itu berikut akan saya sampaikan beberapa informasi terkait materi Pengantar Termodinamika

Outline Termodinamika Dasar


  1. Satuan dan Energi
  2. Bentuk Energi
  3. Transfer Energi olehKalor dan Kerja
  4. Hukum Pertama Termodinamika
  5. Neraca Energi Sistem Tertutup
  6. UjianTengah Semester
  7. Persamaan Keadaan
  8. Neraca Energi Sistem Terbuka
  9. Sifat Volumetris Fluida
  10. Panas Sensibel dan Panas Laten
  11. Panas Reaksi
  12. Hukum Kedua Termodinamika
  13. Ujian Akhir Semester


Mengapa Kita Mempelajari Termodinamika?

Termodinamika adalah hal mendasar bagi serorang tehnisi untuk menentukan dan merancang sebuah pabrik, dengan mulai menghitung kebutuhan energi proses dan penetapan efisiensi alat yang digunakan sehingga terbentuklah prabrik produksi yang optimum. oleh karena itu kita perlu mempelajari ilmu ini jika kita ingin mempelajadi lebih dalam tentang teknik kimia.

Termodinamika berasa dari kata termo dan dinamika yang artinya termo merupakan suhu dan dinamika itu sebuah pergerakan/ selalu berubah jadi termodinamika bisa juga dikatakan dengan perubahan suhu/ panas. Dan dewasa ini Termodinamika merupakan ilmu yang mempelajari bagaimana mengubah energi panas menjadi energi kerja, yang harus kita lakukan pertama adalah mengenal perubahan wujud energi, berkembang menjadi Ilmu yang mempelajadi perubahan wujud fase zat dan berkembang menjadi ilmu yang mempelajari keberlangsungan sebuah proses, termasuk proses reaksi kimia.

Pada mata kuliah pengantar Termodinamika/ Termodinamika dasat teknik kimia anda akan dikenalkan dengan dua hukum termodinamika seperti dibawah ini:

Hukum Pertama Termodinamika

  • Energi bisa berada dalam berbagai bentuk
  • Bentuk energi bisa berubah dari suatu bentuk ke bentuk yang yang lain
  • Besarnta jumlah energi selama terjadi perubahan bentuk adalah tetap (konservasi energi)


Hukum Kedua Termodinmika

  • Betul Bahwa bentuk energi bisa berubah dari satu bentuk ke bentuk yang lain
  • Arah perubahan energi tidak kesembarang arah, tetapi mengikuti kaidah tertentu
  • Proses peruhabahan suatu bentuk energi ke bentuk yang lain harus mengikuti kaidah perubahan entropi positif
Sebenarnya Termodinamika dasar banyak sekali perhitungan dan anda harus bersiap- siap dengan hal ini, karena anda akan menjumpai berbagai macam implemantasi rumus rumus kima, yang tidak lepas dari rumus :

Qin = Qout.

dan untuk implementasinya anda harus bisa mengidentifikasikan dengan kebutuhan yang ada, jadi kudu bisa ber improvisasi deh.

Dari berbagai bahan yang ada anda dapatkan diatas anda akan mengetahui seberapa pentingnya mata kuliah pengantar termodinamika ini untuk kehidupan kerja anda. jadi jangan sampai anda menyia- nyiakan pelajaran ini  di bangku kuliah anda, manfaatkan sebaik mungkin dan maksimalkan.

Terimakasih sudah berkunjung semoga materi terkait Pengantar Termodinamika Teknik Kimia ini dapat bermanfaat bagi saya pribadi dan pembaca yang tercinta tentunya.

Terimakasih sudah berkunjung, silahkan berikan komentar anda. :)