Cara Menghemat Biaya Hidup ala Anak kos Cara Menghemat Biaya Hidup ala Anak kos | Zona Informasi

Cara Menghemat Biaya Hidup ala Anak kos

Cara menghemat biaya hidup ala Anak kos, Mahalnya harga bahan pokok, sandang, dan papan, menjadikan biaya hidup kita semakin mahal. Apalagi jika anda merupakan anak kos, yang setiap hari harus membeli makanan siap santap untuk kehidupan sehari- hari, maka sudah sepantasnya kita menghemat biaya bulanan (kiriman orang tua) ataupun mingguan malah untuk kehidupan kita.

Kalau kita sudah memiliki penghasilan sendiri memang enak, kita tidak perlu menghemat biaya sehari- hari karena memiliki sumber penghasilan uang yang jelas, tapi kalau kita masih mengandalkan biaya orang tua, sudah sepantasnya bagi kita untuk menghemat pengeluaran.


Tips Trik Cara Menghemat Biaya Hidup anak Kos


Untuk menghemat biaya hidup banyak hal yang bisa kita lakukan, yang pertama kita harus melihat lokasi, situasi, kondisi dan keadaan diri kita pribadi, dengan begitu kita bisa memaksimalkan untuk menghemat biaya. 

1. Lokasi.
Dimana anda tinggal saat ini? di kota kah? atau di desa? atau diperbatasan kota?.

setiap kota pun berbeda jadi kita harus mengetahui dimana lokasi tempat kita tinggal.
Setelah mengetahui lokasi anda, carilah referensi, dengan melakukan perbelanjaan secara random untuk mengetahui harga di masing- masing tempat, ataupun anda juga dapat memanfaatkan teman disekitar anda untuk bertanya terkait toko- toko yang paling murah dan hemat.

Jangan takut untuk mencoba hal yang baru, asalkan jangan terus- terusan.

2. Situasi 
Seberapa tebal isi dompet yang ada? cukupkah untuk satu bulan ke depan? 

Ketika anda tahu bahwa uang anda menipis cobalah alternatif lain, coba memasak sendiri. 
sekarang sudah banyak tutorial dan pasti temen satu kos juga ada yang mau diajak kerjasama untuk masak bersama, untuk menghemat pengeluaran untuk makan.

Menu masakan yang paling simpel untuk anak kos

1. Nasi putih + telor goreng
2. Nasi putih + mie rebus/ goreng
3. Nasi putih + mie rebus/ goreng + telor goreng
4. Nasi puting + Omelet (telur dan mie di goreng)
yah semua serba telur karena itu paling simple, tapi kalau anda mau merubah menu juga bisa dengan mencoba lauk lain seperti Tempe, tahu dan lain sebagainya. yang mudah, murah dan cepat.

kalau anda tidak sempat untuk memasak sendiri mungkin alternatif yang lain adalah beli nasi sayur dan dibungkus, jangan makan di warung, karena mata kita pasti akan melirik ke kanan dan kekiri dan itu akan menambah biaya lagi, dan paling tidak kita bisa menghemat biaya minum, karena kita bisa minum air putih di kos.

3. Kondisi.
Apakah kondisi anda sehat? merasa kurang sehat? atau malah sakit- sakitan?

Kalau berhubungan dengan kesehatan kita harus mengutamakan hal ini. karena sebagai anak kos kita hidup sendiri, dan kita sendiri yang mengetahui bagaimana kondisi kita.
Apabila sakit langsung ke Klinik Center kampus, ataupun puskesmas terdekat. Dan jangan lupa ketika anda sakit makanan yang anda makan juga harus memiliki nilai setidaknya (bergizi), kalau tidak bisa sempurna ya empat sehat lah. 
Ingat kesehatan adalah utama, kalau anda merasa sakit- sakitan segera selesaikan, cari solusinya, bila perlu hubungi orang tua jika kondisinya memungkinkan, agar mendapatkan perhtian lebih.

4. Keadaan diri kita pribadi.
Ketahuilah batasan diri anda, jangan menuruti teman- teman yang selalu berfoya- foya makan di tempat yang wah dan woww setiap hari. Boleh lah sekali- kali keluar tapi ketahuilah batas diri anda.

Yaah.. itulah beberapa Tips dan cara yang saya lakukan untuk menghemat biaya hidup selama menjadi anak kos, sekarang juga masih sih.. haha.. intinya apabila anda juga merupakan anak kos, anda akan mengetahui batas diri anda, jangan sampai anda melewati batas itu sehingga akan memanfaatkan segala cara untuk bisa mencapainya. niat yang baik akan menghasilkan hal yang baik pula.

So, kalau ada yang mau di sampaikan silahkan komen saja. Semoga tulisan terkait Tips Trik Cara Menghemat Biaya Hidup anak Kos ini bermanfaat, terimakasih sudah berkunjung.